Tahukah Anda? Bahwa musik klasik itu merupakan cikal bakal dari semua musik yang pernah didengar selama ini. Mungkin bagi kebanyakan orang aliran musik satu ini terkesan membuat bosan, buat mengantuk, musik masa lalu dan lagi tiketnya tidak bisa dibilang murah.

Padahal selain sebagai salah satu akar dari cabang aliran musik modern sekarang, masih banyak juga tempat yang memberikan pertunjukan musik klasik ini. Memang paling banyak ada di negara-negara luar yang memiliki pusat kebudayaan musik klasik jaman dulu.

Tapi jangan salah, di Indonesia ternyata ada juga tempat khusus untuk mengadakan pertunjukan musik klasik karena cukup banyak juga masyarakat yang berminat dengan musik ini.

Tepatnya ada di bilangan Jakarta Pusat, Anda bisa menemukan tempat khusus bernama Symphony Hall.

Nah, kalau Anda termasuk salah satu orang yang menyukai jenis musik klasik ini tentunya akan lebih merasakan sensasi harmoni alunan musik yang sangat terarah sekaligus merdu didengar oleh telinga.

Dengan ragam peralatan musik klasik yang dipakai ketika konser orkestra seperti, violin, terompet, harpa, biola, piano, bas, flute, harpischord, oboe, klarinet dll..

Ditambah penampillan seorang conductor yang memimpin choir dalam orkestra tersebut tentunya merupakan suguhan penampilan yang sangat memukau, bagi penggemar musik klasik.

Maka tidak heran, bagi Anda yang memang ingin menonton pertunjukan orkestra ini perlu dan wajib memperhatikan beberapa hal yang tentunya menjadi etika dan biasanya belum begitubanyak diketahui oleh umum. Sebentar lagi Anda akan mengetahuinya,

nonton konser musik klasik

Jangan Terlambat Datang

Sebagai salah satu acuan penting dari pertunjukan musik orkestra ini adalah selalu dimulai tepat waktu, maka itu jika selama ini Anda sering merasa terlambat atau ngaret dalam segala hal jangan harapkan bisa masuk dengan mudah jika konser ini sudah terlanjut mulai.

Pasalnya, kalau terlambat datang biasanya Anda diharuskan menunggu dulu paling gak hingga penampilan orkestra tersebut menyelesaikan session lagu yang sedang berlangsung.

Gaya Berpakaian

Tidak seperti menontin konser musik diluar sana yang kita bisa menentukan pakaian jenis apa yang bisa dipakai selama nyaman dan enak digunakan, bebas untuk memakai jenis pakaian apa saja.

Namun, tidak halnya kalau sedang menonton pertunjukan orkestra klasik ini dimana secara etika Anda “dituntut” untuk mengenakan pakaian sopan, rapi bahkan formal, yah minimal semi formal sehingga tidak disuruh pulang lagi oleh panitia jika Anda menggunakan celana pendek dan sandal.

Waktu Tepuk Tangan

Tahukah Anda, bahkan di dalam memberikan apresiasi terhadap penampilan grup orkestra yang memukau dalam bentuk tepuk tangan juga memiliki aturan dan etika dalam melakukannya. Sayangnya masih banyak orang yang belum mengetahui hal ini.

Adalah sesuatu yang wajar jika kita bertepuk tangan atau applause untuk memberikan penghargaan tertinggi terhadap penampilan mereka, namun jika Anda melakukan tepuk tangan disaat belum selesai movement bisa jadi Anda bakal melakukan tepuk tangan sendirian.

Secara etika umum, penonton konser musik klasikal ini akan mulai melakukan tepuk tangan ketika semua movement selesai dilakukan diakhiri dengan si conductor yang berdiri menghadap ke arah penonton. Jadi jangan lupa ya!

Dilarang Pakai Camera atau Video

Tentunya Anda bakal menginginkan konser tersebut bisa diabadikan dalam bentuk foto bukan, apalagi kalau menonton konser klasik yang merupakan idola Anda.

Namun, dalam hal ini Anda harus tahan diri untuk tidak mengambil foto/ video, apalagi dengan alat elektronik yang memiliki nyala lampu.

Pasalnya hal tersebut akan menganggu alunan audio saat konser berjalan, usahakan juga untuk tidak menimbulan suara menganggu agar alunan musik orkestra nya benar-benar terasa, oleh sebab ruangan dimana orkestra tersebut berlangsung tidak dilengkapi dengan amplifier.

Pahami Jeda Waktu

Jeda waktu atau dalam bahasa kerennya intermission dalam konser klasik orkestra ini biasanya Anda diberikan waktu selama +/- 15 menit untuk sekedar pergi ke toilet bahkan pergi makan untuk mengganjal perut yang keroncongan.

Sebab selama pertunjukan berlangsung Anda tidak boleh minum bahkan makan atau keluar masuk ruangan yang tentunya akan sangat mengganggu penonton lain termasuk para pemain musik orkestra tersebut.

Baiklah, itu tadi beberapa hal menyangkut etika dalam menonton konser orkestra klasik yang diharapkan Anda menjadi lebih tahu dari artikel ini, karena peraturan tersebut tidak tertulis secara jelas, namun jika tidak diketahui akan membuat ketidaknyamanan semua pihak.